6 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Kesehatan ibu hamil adalah inti dari tumbuh dan kembang bayi dalam kandungan. Ibu sudah seharusnya melengkapi nutrisi makanannya dengan mengonsusmsi banyak makanan yang bergizi tinggi. Selain untuk memberikan asupan gizi untuk sang bayi, makanan juga membantu ibunya untuk tetap bertahan dan aktif saat hamil muda. Nutrisi kandungan sudah diwajibkan untuk menjadi perhatian sejak usia kandungan masih muda. Makanan sehat untuk ibu hamil muda bukan saja membantu pertumbuhan semakin besarnya janin tetapi dapat memberikan sumbangan kelengkapan seperti kecerdasan dan keaktifan seorang anak saat ia sudah besar nanti.

Maka dari itu, makanan adalah hal yang paling penting selain ketenangan yang wajib didapatkan sang ibu. Namun, makanan yang selayaknya untuk ibu hamil adalah makanan yang kaya gizi. Tetapi, di zaman yang se modern ini sebenarnya masih saja ada ibu yang tidak mementingkan nutrisi dan bahkan mereka ada yang tak paham menyoal makanan sehat untuk ibu hamil muda. Tak masalah, agar anda tidak berlanjut-lanjut soal ketidaktahuan marilah kita simak beberapa 6 kandungan gizi dalammakanan sehat untuk ibu hamil muda berikut ini:

  1. Makanan yang mengandung asam folat. Asam folat adalah suatu zat yang dapat mencegah sang ibu dari keguguran, kelahirann cacat atau prematur. Bagaimana cara menemukan jenis makanan yang mengandung asam folat? Mudah sekali cobalah anda lirik dan berjalan sedikit ke pasar atau warung untuk membeli bayam, sawi, brokoli, woret, kacang-kacangan, beras merah, daging sapi, makanan laut dan daging unggas. Olah makanan tersebut sesuai selera anda tetapi disarankan untuk tidak menggunakan MSG atau beberapa jenis penguat rasa lain, usahakan untuk tetap alami dan meyehatkan.
  2. Perkaya zat besi. Saat anda mulai merasakan pusing dan kelelahan saat beraktifitas. Bisa ditebak jika anda sedang mengalami gejala kekurangan darah atau anemia. Nah hal tersebut disebabkan dengan kekurangan zat besi. Tetapi tak perlu takut, ana dapat mengatasinya dengan memperbanyak makanan seperti kacang kedelai dan merah, daging sapi dan unggas serta makanan laut.
  3. Perbanyak protein. Protein sangat membantu perkembangan janin serta berperan untuk mempercepat terbentuknya semua sistem tubuh. Ditambah lagi saat anda mengonsumsi protein maka akan menambah kecerdasaan yang akan diterima oleh anak anda suatu saat nanti. Konsumsilah, daging tanpa lemak, telur, dan ikan.
  4. Konsumsi biji-bijan. Berdasarkan penelitian dari dunia kesehatan bahwa ibu hamil yang ingin memenuhi makanan sehat untuk ibu hamil muda, maka perbanyak konsumsi biji-bijian sebanyak 2-3 porsi sehari. Seperti, memakan sereal, roti gandum, dan biji-bijian utuh.
  5. Minum susu ibu hamil. Nutrisi yang terdapat dalam susu juga tak kalah penting untuk kesehatan anda dan sang buah hati. Minumlah susu yang kaya akan kalsium. Bisa memilih jenis susu ibu hamil yang sesuai dengan makanan sehat untuk ibu hamil muda. Selain itu anda juga dapat memilih, keju dan yogurht rendah lemak.
  6. Minum air kelapa muda. Kandungan mineral yang terdapat dalam air kelapa dapat membantu anda untuk menghilangkan rasa lelah serta rasa mual yang sering terjadi pada hamil muda.

6 Kandungan gizi dalam makanan sehat untuk ibu hamil muda wajib dilengkapi dan dipraktekkan oleh anda. Saat hamil muda anda harus lebih memperhatikan lagi perkembangan janin dan kesehatan anda serta salah satu caranya adalah lewat memenuhi beberapa jenis makanan sehat diatas. Sumber : https://babyologist.com/

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *