Jual kain batik tulis asli masyarakat solo

Seperti yang telah kita ketahui masyarakat yang menjual dan membuat kain batik bukan hanya masyarakat pekalongan saja tetapi juga masyarakat yang berada di solo, selain harus dengan ketelitian pembuatan kain batik pun harus dengan sepenuh hati agar hasil yang dibuat bisa memuaskan. Maka dari itu pembuatan batik dan menjual di solo menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat nya. Baik itu batik tulis maupun batik cap.

Masyarakat yang jual kain batik biasanya menghargai kain batik tersebut dengan harga permeter dan biasanya harganya mulai Rp. 25.000/meter untuk batik cap dan handprint, sedangkan untuk batik tulis seharga Rp. 400.000 perpotong hingga Rp. 5.000.000 sesuai dengan kerumitan saat proses pembuatannya. Selain itu juga masyarakat solo membuat kain batik sesuai dengan keinginan pelanggan. Adapun beberapa kerumitan yang tejadi pada proses pembuatan batik tulis .

Berikut beberapa tingkat kesulitan yang terjadi dan harga ditawarkan sesuai dengan tingkat kesulitan:

  1. Tekhnik ukel

Yaitu teknik mencantingkan malam berbentuk setengah lingkaran yang pada dasarnya untuk memeberikan warna diatas kain dengan jelas dan merata yang dapat dilakukan berulang- ulang supaya penimbulan warnanya jelas dan merata.untuk teknik ini termasuk kedalam teknik yang sangat sulit sehingga harga yang ditawarkannya pun semakin tinggi yaitu sekitar 1,3 juta sampai 3,5 juta tergantung kain, pewarnaan dan tingkat kealusan pada kain dan biasanya waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaannya maksimal 3 bulan.

  1. Teknik granit yaitu teknik mencantingkan malam dengan menggunakan metode titik-titik yang berada diluar pola. Teknik ini merupakan teknik yang tergolong sulit karena perbedaannya dari besar maupun kecilnya canting. Dan teknik ini biasnya dengan harga Rp.900 sampai 3 juta tergantung dari kehalusan kain, dan warna. Biasanya teknik ini membutuhkan waktu pengerjaan maksimal 1 bulan.
  2. Teknik buh

yaitu teknik mencanting pada malam secara merata pada pola utama dan biasanya teknik ini membutuhkan waktu pengerjaan maksimal 3 minggu dan kisaran harganya Rp. 600 sampai Rp. 700.

Itulah beberapa tingkat kesulitan yang terjadi pada saat pembuatan batik dan harga yang ditawarkan pun sangat sesuai dengan kesulitan saat pembuatan. Nah inilah batik yang sesungguhnya , sebuah pencapaian panjang budaya solo dan juga yogya, selain itu juga bukan hanya sekedar kain namun sejarah panjang dari sebuah seni yang diakui oleh tingkat tinggi dunia. Bila beberapa negara memilki suatu peninggalan yang sangat menakjubkan, maka Indonesia memiliki batik yang berada di solo, yogya . sebuah karya intelektual yang tinggi yang dapat tersurat dalam sebuah kain.

Nah, itulah beberapa yang jual kain batik asli masyarakat solo dan tngkat jerumitan dalam pembuatannya. Semoga bermanfaat!

 

 

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fashion
Tips penting memilih label baju sesuai budget

Tahukah anda apa yang dinamakan dengan label? Label ini merupakan sebuah merek maupun brand yang membuat suatu fashion bisa dikenal banyak orang. Tentunya dengan label inilah para produsen dari pakaian berusaha untuk menyisipkan merek mereka dengan tujuan sebagai media promosi. Apalagi kemajuan teknologi semakin memudahkan kita dalam membuat desain label …